Webinar dengan tema “Mengembalikan Marwah PJOK dan Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran PJOK” yang diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2024, menghadirkan pemateri utama Muhammad Arif Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D., CV, seorang ahli di bidang pendidikan olahraga dan teknologi pembelajaran. Webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya memperkuat posisi dan peran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, sekaligus mengkaji bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK. Acara ini dihadiri oleh para guru PJOK, akademisi, serta praktisi pendidikan yang tertarik dengan inovasi dalam dunia pendidikan olahraga.

Dalam pemaparannya, Muhammad Arif Ardha menekankan pentingnya mengembalikan marwah PJOK sebagai salah satu mata pelajaran yang fundamental dalam pendidikan karakter dan fisik siswa. Beliau mengungkapkan bahwa PJOK sering kali dipandang sebelah mata dibandingkan dengan mata pelajaran akademik lainnya, padahal PJOK memiliki kontribusi besar dalam pengembangan keterampilan fisik, mental, dan sosial siswa. Arif Ardha mengajak peserta untuk melihat PJOK sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembentukan karakter dan kesehatan generasi muda, sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam cara mengajarkan dan memandang mata pelajaran ini.

Dalam sesi kedua, Arif Ardha mengulas penerapan teknologi dalam pembelajaran PJOK, yang menjadi topik utama webinar ini. Menurutnya, teknologi dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membuat pembelajaran PJOK lebih menarik dan interaktif. Ia mengusulkan penggunaan aplikasi olahraga berbasis mobile, video tutorial, dan platform e-learning untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Selain itu, teknologi wearable seperti smartwatch dan fitness tracker juga dapat digunakan untuk memantau kemajuan fisik siswa, memberikan data real-time yang dapat membantu guru dalam merancang program latihan yang lebih personal dan terukur. Hasil dari webinar ini menunjukkan pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PJOK untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan relevan dengan perkembangan zaman. Para peserta mendapatkan pemahaman baru tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam berolahraga. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan PJOK dapat kembali memperoleh posisi yang lebih dihargai dalam dunia pendidikan, serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan siswa. Webinar ini pun berhasil membuka peluang bagi guru PJOK untuk berinovasi dan terus berkembang dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21.

Leave a Comment